January 01, 2013

Persepsi Gerakan Mahasiswa Islam

Judul Buku: 
Persepsi Gerakan Mahasiswa Islam Terhadap Politik Luar Negeri Indonesia di Timur Tengah
Penulis: 

Muhammad Faris Alfadh
Penerbit: 

Prudent Media & Jurusan HI UMY
Halaman: 

239 halaman
ISBN: 

978-602-18573-4-2
Tahun Terbit: 

Desember 2012
 


***

Konflik yang terjadi di Timur Tengah, terutama pertikaian antara Palestina dan Israel, tidak saja menjadi persoalan pelik di kawasan, tetapi sudah menjadi isu internasional. Di saat yang bersamaan, pemerintah Indonesia terus didorong untuk menunjukkan sikap dan keberpihakannya. Fakta bahwa bangsa ini merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, serta sejarah kebencian akan kolonialisme, membuat emosi keagamaan dan sentimen negara tertindas kerap mewarnai riuh rendah sikap publik dalam menyikapi konflik tersebut.

Tetapi benarkah pilihan-pilihan kebijakan yang diambil pemerintah Indonesia telah menunjukkan kemandirian serta keberpihakan yang adil? Apakah preferensi publik juga menjadi pertimbangan yang dominan?

Buku ini mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dari sudut pandang dan respon para aktivis mahasiswa Islam. Sebagai salah satu aktor pro demokrasi dalam sistem politik Indonesia, selain melakukan pembacaan atas wacana-wacana demokratis, keadilan, dan kemanusiaan, kelompok mahasiswa ini juga membangun keberpihakan yang jelas terhadap isu-isu internasional. Karena itu pula, persoalan yang terjadi di kawasan Timur Tengah, seperti konflik dan ketidak adilan, mendapat perhatian serius.

No comments:

Post a Comment